Painan, Sumbarlivetv.com — Anggota DPR-RI Komisi VIII dari Fraksi Nasdem, Dra. Hj. Delmeria, Ngopi ( Ngobrol Pendidikan Islam) ” Penguatan Implementasi Moderasi Beragama pada Madrasah” Di hotel Saga Murni Painan,  Jumat 25 Agustus 2023.

Dalam pertemuan ngopi tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI  Komisi VIII Hj. Delmeria, Kepala Kantor  Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat  H. Helmi, M. Ag, Kepala Kementrian Agama Kabupaten  Pesisir Selatan H. Abrar M, Tokoh Agama dan seluruh kepala Madrasah yang ada di Pesisir Selatan.

Sebelum acara dimulai diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang  dikumandangkan oleh Buya Adiyasman,S.Pd.I

Selanjut acara dilanjutkan dengan sambutan – sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Kementrian  Agama Kabupaten Pesisir Selatan H. Abrar. M, dalam sambutanya Abrar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Dra. H.  Delmeria yang telah hadir  ke Pesisir untuk memberikan pencerahan kepada Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan dan juga ucapan terima kasih  disampaikan kepada Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat H. Helmi, M. Ag.

Baca juga :  Babinsa Koramil 04/Scc Dampingi Petugas Nakes Dalam Pemberian Polio

Dalam sambutanya Abrar menyampaikan program – program Kementrian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dan sekaligus prestasi yang di peroleh oleh  Kemenag Kabupaten Pessel antara lain Juara satu di Sumatra Barat dalam hal Madrasah terbaik dalam keterbukaan Informasi publik dan juga program rumah layak huni untuk masyarakat miskin dan sekaligus pembinaan terhadap penghuni rumah tersebut,  harapan dari “Abrar” masyarat untuk dapat meningkatkan ketaqwaan dan ke Imanan kepada Allah SWT dan sekaligus dapat besinergi dengan perkembangan agama Islam.

Penguatan Implementasi Moderasi Beragama  perlu di tingkatan bagaimana perbedaan itu kita rajut  menjadi sebuah kekuatan dan juga konsep madani dalam beragama dan berbangsa perlu kita ikuti bersama, dalam akhir sambutannya  Abrar  menyampaikan permohonan maaf bila ada kesalahan dan kekilafan dalam penyabutan,  tidak ada gading yang tak retak,  tidak ada tupai yang tak gawa,  sesungguhnya kebenaran itu dari Allah SWT “kata Abrar”.

Baca juga :  Babinsa koramil 07/pk Bincang santai tetap jaga hubungan baik dengan masyarakat di wilayah binaan

Selanjutnya sabutan disampaikan oleh Kepala Kanwil  Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Helmi, M,.Ag dalam sambutannya Helmi mengucapkan terima kasih kepada ibu Delmeria Anggota DPR-RI Komisi VIII dari Fraksi Nasdem yang merupakan mitra kerja dari Kementrian Agama, kalau  Kementrian agama  meminta Anggaran adalah tugas dan fungsi Ibu Delmaria kata “Helmi”, disamping itu Helmi juga menyampaikan  penting penguatan  Implementasi Moderasi beragama pada Madrasah.

Pengertian dari Moderasi yang disampaikan oleh Helmi adalah “Jangan menyamakan  hal yang berbeda dan jangan membedakan hal yang sama”

Selanjutanya sambutan disampaikan oleh Ibu Dra. H. Delmeri, beliau menyampaikan kepada hadirin yang hadir kita perlu menyamakan presepsi tentang penguatan Implementasi Moderasi Beragama, kita harus paham  dan jangan sampai salah pemahaman sehingga membuat blunder di tengah-tengah masyarat kita, disela dambutannya Delmeria juga menyampaikan kepada hadirin yang hadir bahawa saya adalah asli orang Sumatera barat itulah harapan dan sinyal yang disampaikan oleh H. Delmeria dan selanjutnya acara dilanjutkan  dengan pemaparan “Penguatan Implementasi Moderasi Beragama” yang di sampaikan oleh ustad  Kondang kota Padang Prof. Salmadanis dari Padang.

Baca juga :  Catar Akpol Balqis Angelita, Penyabet Juara Umum Perenang Terbaik Danseskoad Cup 2023

Enik/Alp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *