Guswardi Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kota Padang
Guswardi Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kota Padang

Padang, Sumbarlivetv.com — Dinas Kelautan dan perikanan kota Padang, akan melakukan terobosan dengan menargetkan sebuah kapal besar khusus penangkapan ikan tuna, ini adalah salah satu terobosan baru untuk tahun 2021/2022.

Dengan luas laut kita yang seluas 200 mil tidak bisa dilalui oleh nelayan dengan mempergunakan keramba atau perahu – perahu kecil untuk bisa menangkap ikan tuna di laut lepas di kepulauan Mentawai, sehinga banyak ikan Tuna yang tidak bisa ditangkap.

Kepala dinas kelautan dan perikanan Guswardi menjelaskan kepada media Sumbarlivetv, tujuan membuat kapal besar, khusus untuk menangkap Ikan Tuna, agar nelayan kita bisa membudayakan ikan Tuna dikota Padang.

Dan bisa menambah nilai jual tangkapan nelayan sehingga bisa mendorong pertumbuhan perekonomian nelayan yang ada di Padang.

Baca juga :  Proses Tol Dharmasraya - Rengat Berlanjut, Pangkas 11 Jam Waktu Tempuh ke Jakarta

Lebih jelasnya lagi, kita akan melihat dengan adanya kapal besar khusus untuk menagkap ikan tuna, maka nelayan kita sudah bisa belayar ketengah Samudra lepas di kepulauan Mentawai, yang mana pulau Mentawai adalah salah satu tempat lahirnya ikan ikan tuna, ungkap Guswardi.

Selama ini nelayan kita hanya bisa menangkap anak ikan tuna, karena nelayan kita mempunyai alat penangkapan yang terbatas, dengan hadirnya kapal besar ini bisa menangkap ikan tuna yang lebih besar lagi.

Kita akan membentuk kelompok untuk mengoperasikan kapal besar ini, satu kelompok akan dibentuk 10 orang, jadi yang sepuluh orang ini akan bertanggung jawab atas kapal tersebut, jelasnya.

Pembuatan kapal besar ini semenjak tahun lalu sudah direncanakan, tapi karena kita dihadapi oleh pandemi Covid 19, makanya kita mengundurnya, tapi Alhamdulillah sekarang kita hanya menunggu pelaksaan aja lagi.

Baca juga :  Polda Sumbar berhasil ungkap Tempat Praktik Dokter Palsu

Saya berharap kedepannya, para nelayan kita bisa meningkatkan hasil tangkapan, karena masyarakat kota Padang mengkonsumsi ikan lebih tinggi lagi. Dan dengan adanya kapal besar juga bisa meningkatkan tangkapan ikan tuna lebih besar kedepannya.

bunga

Tinggalkan Balasan