Padang Panjng, Sumbarlivetv – Disdikbud Padang Panjang Gelar Lomba Cerdas Qur’an . Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang berkolaborasi bersama Padang TV, menggelar iven Cerdas Qur’an Tingkat SD dan SMP se-Kota Padang Panjang.

Kegiatan yang digelar pada 9-11 November dan disiarkan secara live ini, dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Wako Fadly menyambut baik program Cerdas Qur’an yang telah digarap Padang TV yang tujuannya untuk menciptakan generasi muda intelektual yang Qur’ani.

“Jiwa kompetitif ini harus betul-betul ditanamkan kepada anak dari usia dini. Salah satu bidangnya adalah di pengetahuan keagamaan. Ini adalah evaluasi bersama, mari kita perkuat karakter anak-anak kita yang Islami,” ucapnya saat membuka acara tersebut di Aula Disdikbud, Selasa (9/11).

Baca juga :  Pemkab Agam kembali Menggelar Lomba Gerak Jalan

Ditambahkan Fadly, dengan adanya kegiatan seperti ini, generasi muda dapat kuat secara ilmu pengetahuan, dan kuat secara ilmu keagamaan. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ketika anak-anak sudah dekat dengan Al Qur’an sejak dini, insyaa Allah inilah yang akan menuntun mereka,” ujarnya.

Fadly berharap dengan kreativitas iven Cerdas Qur’an ini, bisa menciptakan generasi yang berakhlakul karimah. Iven ini sangat sejalan dengan filosofi Minangkabau yang berfalsafahkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

“Melalui lomba Cerdas Qur’an diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan serta hafalan siswa terhadap Al Qur’an. Era sekarang tidak harus anak-anak ini suka dengan satu bidang saja, namun harus mahir dalam berbagai bidang. Inilah esensi dari merdeka belajar. Ini adalah tanggung jawab kita. Mudah-mudahan melalui kegiatan Cerdas Qur’an ini, menjadi bagian untuk bersama-sama membangun pendidikan di Kota Padang Panjang,” harapnya.

Baca juga :  PEMERINGKATAN BADAN PUBLIK KI SUMBAR 2022.

Sementara itu, Manajer Padang TV, Defri Mulyadi, M.Si menjelaskan, kegiatan ini awalnya berangkat dari kegalauan akibat pandemi Covid-19, khususnya di bidang pendidikan.

“Jadi sebelumnya di Padang TV digelar secara berkala Bintang Sains. Namun karena kondisi yang penerapan prokes yang ketat, kita berupaya untuk berinovasi, sehingga melahirkan program Cerdas Al Qur’an ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Defri mengungkapkan, Kota Padang Panjang merupakan kabupaten/kota ketujuh digelarnya program ini.

“Alhamdulillah program ini mendapatkan sambutan yang luar biasa baik dari insan pendidikan maupun kalangan orang tua murid. Karena di sinilah anak-anak kita bisa tampil. Ajang ini juga menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan anak-anak kita dalam memahami ilmu agama maupun menguasai ayat-ayat suci Al Qur’an,” katanya.

Baca juga :  Dewi Sutan Riska dan Ketua Kormi Dharmasraya Bakal Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan ULD Dharmasraya

Selain perlombaan, pihaknya juga lakukan transfer knowledge kepada para peserta untuk berani tampil percaya diri di muka umum.

“Lombanya sama seperti cerdas cermat, tapi temanya lebih ke religi. Pelaksanaannya akan berlangsung tiga hari hingga Kamis mendatang. Acaranya juga bisa ditonton di kanal YouTube Padang TV,” tuturnya di acara yang turut dihadiri Kepala Disdikbud, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd itu.

 

#Bunga/rifki

Tinggalkan Balasan