PADANG, Sumbarlivetv – Edukasi Masyarakat Kenali Investasi & Pinjaman Online, Satgas Waspada  Investasi Sumbar Gelar Rapat Kerja. Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Pusat, Tongam L Tobing, menyebut, saat ini terdapat 3361 pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan masyarakat. Modusnya mengirimkan pesan langsung melalui SMS maupun aplikasi chat.  Masyarakat dihimbau agar berhati-hati dan tidak mudah terbujuk rayuan yang terlalu menggiurkan dan tidak logis.

“Kuncinya 2L. Legal dan Logis. Kalau mau Investasi cek dulu legalitasnya dan keuntungannya logis. Sedangkan pinjol Ilegal bermain pada SMS dan aplikasi chat yang tidak bisa dicampuri pemerintah. Jika penawarannya itu melalui pesan langsung seperti melalui sms, dipastikan itu ilegal. Segera saja diblokir,” tegas Tongam, saat rapat kerja Satgas Waspada Investasi Sumbar di Hotel Santika, Jl. A.Yani, Padang, Kamis (2/12/2021).

Baca juga :  Didampingi Bupati Eka Putra Kunjungi Lokasi TMMD, Ketua Tim Wasev Sangat Puas

Dijelaskan Tongam, SWI pusat yang beranggotakan 12 kementerian dan lembaga ini, bersama Kemenkominfo telah memblokir 4 ribu lebih investasi ilegal dan pinjol ilegal hingga Oktober lalu. Meski begitu, dengan kemajuan teknologi saat ini, kata Tongam, selalu saja muncul pinjol ilegal baru setiap kali diblokir.

Bunga/hms

Tinggalkan Balasan