Gubernur Sumatera Barat Ajak Pelaku UMKM Harus Bisa Manfaatkan KUR

Padang, Sumbarlivetv — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumbar dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam mengembangkan usahanya.

Hal tersebut dia sampaikan saat memberi sambutan pada acara sosialisasi program KUR bagi usaha mikro kecil menengah dan koperasi di hotel Grand Zuri Padang, Jum’at (5/3/2021).

Mahyeldi menilai, UMKM di Sumbar banyak menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar. Sektor ini memiliki peran bagi peningkatan perekonomian rakyat. Oleh karena itu, perlu peningkatan-peningkatan berupa program pengembangan dalam meningkatkan strategi bisnis, salah-satunya melalui peningkatan akses pembiayaan, yakni KUR.

“Salah satu program pemerintah mendorong perkuatan permodalan UMKM adalah melalui KUR,” jelas Mahyeldi Ansharullah

Baca juga :  Bupati Sutan Riska Turun Langsung Tinjau Pembangunan Infrastruktur yang Sedang Berjalan

Menurut dia, permodalan menjadi salah-satu kendala yang dihadapi UMKM. Karenanya, lewat kegiatan sosialisasi ini Pemprov berupaya memfasilitasi mempertemukan Perbankan dengan para pelaku UMKM di Sumbar. Demi mempermudah akses pembiayaan bagi pelaku UMKM.

“Kita harapkan akan tumbuh UMKM yang berdaya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian rakyat,” imbuhnya.

Tentunya dalam rangka memajukan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu mendorong perkuatan permodalan bagi usaha-usaha masyarakat yang produktif dan berpotensi untuk berkembang.

“Dengan itu, angka kemiskinan dan pengangguran di Sumbar bisa menunjukkan angka penurunan,” ucapnya.

Selanjutnya ia mengajak pelaku usaha untuk berusaha sekuat mungkin dan pantang menyerah, kreatif dan inovatif melihat peluang pasar dengan mengandalkan potensi sumberdaya daerah.

Baca juga :  Satpol PP Ingatkan PKL Tak Berjualan di Fasum

“Untuk memberikan nilai tambah dan selalu meningkatkan daya saing produk kita. InsyaAllah akan memberikan kesejahteraan pelaku usaha itu sendiri,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengajak kepada seluruh pimpinan perbankan agar segera jadwalkan dan gencarkan sosialisasi skim kredit usaha rakyat ini ke Kabupaten dan Kota yang masih banyak usahanya belum tersentuh oleh KUR, baik usaha pribadi maupun usaha yang berada di kawasan atau sentra komoditi.

Berkat upaya dukungan permodalan ini merupakan salah satu hal yang menentukan UMKM itu naik kelas sebagai wujud dari kinerja pemerintah.

“Untuk itu, kami atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi Sumbar mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Koperasi dan UKM RI, telah berpartisipasi untuk melaksanakan Sosialisasi Program KUR kali ini,” ucap Mahyeldi.

Baca juga :  Alumni SELUKA, SMP Negeri 1 Kecamatan Tigo Nagari,Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H 2021 M

# Bunga — BIRO HUMAS SETDA SUMBAR

Tinggalkan Balasan