Padang, Sumbarlivetv – Peguruan pencak silat Empat Banding Budi ( Patbanbu) yang artian budi pekerti dalam hidup mengadakan Hut Emas yang ke – 50 tahun bertemakan Bangun genarasi muda taat hukum, di Segre Patbanbu Taman Budaya Jalan Diponegoro Kota Padang, Sabtu 12/6/21.

Patbanbu lahir 7 Juni 1971 dan sekarang genap usianya 50 tahun, selama 50 tahun berdiri sudah banyak menghasilkan pemuda – pemuda yang tangguh dan berhasil menjuarai beberapa pertandingan tingkat nasional, jelas ketua umumnya.

Irjen Pol (P) Drs. Syafrizal Ahiar, S.H., M.H b, selaku ketua umum berharap agar para pesilat Patbanbu memiliki jiwa yang bersih dan tidak pernah sombong dalam segi apa pun, dan kalau bisa pesilat memiliki karakter yang taat Hukum seperti tema kita saat ini, ujar Syafrizal.

Baca juga :  Bupati Bengkulu Selatan Pimpin Upacara Tantingan Paskibraka Tahun 2022

Saya minta kepada semua pesilat Patbanbu harus mentaati sumpah Peguruan Patbanbu Empat Banding Budi dalam artian,  budi perkerti dalam hidup seperti  Bertakwa kepada Tuhan YME,  Hormat kedua orng tua dan guru, jauhi Sifat Sombong dan angkuh dan takabur, Tau jo nan  ampek pepatah minang dan Hayati sumpah perguruan. Bisa menjadi Pioneer yang bermafaat untuk orang lain.

Sebagai anggota senior di PS Patbanbu ini saya berharap,supaya anggota perguruan mempunyai kesadaran untuk mentaati hukum yang berlaku. Ini sejalan dengan tema peringatan Hut Emas PS Patbanbu ke – 50. Mari kita bangun karakter generasi muda yang taat hukum, pembela kebenaran, kejuruan dan keadilan, guna membangun bangsa. Dan kesenian pencak silat harus dilestarikan oleh generasi muda mendatang, kata Syafrizal.

Baca juga :  PEMERINGKATAN BADAN PUBLIK KI SUMBAR 2022.

PS Patbanbu didirikan oleh Guru Besar Makmur Hendrik dan saat ini sudah memiliki cabang di beberapa provinsi dan sebagai Guru Besar Silat Tuo adalah Syamsul Bahri Datuk Tan Basa.

Rismon selaku ketua pelaksana acara hut tersebut menerangkan, adapun tujuan HUT emas Patbanbu ini diadakan guna membentuk silahturahmi, yang mana sudah lama sekali kami tidak pernah berkumpul antara petinggi dan senior – senior, apalagi hari ini kita kedatangan petinggi – petinggi dari jakarta, Alhamdulillah yang datang menghadiri Ketua umum Syafrizal, Fauzi Bahar,serta ketua – ketua dari berbagai daerah, dan menjadikan kenangan yang sangat indah.

Mari kita lestarikan budaya seni pencak silat sebagai warisan budaya, dengan harapan Patbanbu bisa melahirkan pendekar untuk mengharum kan nama Ranah Minang dan Bangsa Indonesia tingkat Internasional seperti Surya Neli yang pernah membawa harum nama Sumbar beberapa tahun lalu. Sekarang kita himbau kembali pemuda pemudi kita untuk melestarikannya, Imbau syafrizal.

Baca juga :  Karang Taruna Desa Batang Tajongkek Gelar Turnamen Futsal

Bunga

Tinggalkan Balasan