Padang, Sumbarlivetv – IPWL Yayasan Sosial Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Yayasan Karunia Insani Cabang Sumbar resmi di buka oleh Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN ) Sumatera Barat Brigjen Pol.Khasril Arifin, Jalan Raya Lubuk Begalung Padang, Kamis, 9/6/22.

Dalam acara peresmian tersebut hadir, kepala dinas sosial yanag mewakili, Kapolres Kota Padang diwakil oleh Kasat Narkoba Kompol Al Indra dan instansi terkait.

Kepala BNN Sumbar Brigjen Pol.Khasril Arifin menyampaikan saat pembukaan peresmian, bahwa Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mencatat,5 juta jiwa lebih penduduk yang ada di Sumbar, terdapat 65 ribu jiwa pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang. Hal itu harus menjadi perhatian banyak pihak.

Dan kita berharap dengan lounchingnya Karunia Insani Cabang Sumbar bisa memberikan penguatan terhadap lembaga rehabilitasi guna meningkatkan kualitas dan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca juga :  Boby Rustam Meninjau Langsung Kebakaran Yang Menimpa Warga Ganting Parak Gadang 

Tugas BNN memberikan pembinaan pada lembaga rehabilitasi agar dapat menyelenggarakan layanan yang berkualitas bagi pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika,ungkap Agus.

Sementara itu, Ketua IPWL Sumbar Rillah Fitrah mengatakan, IPWL Yayasan Karunia Insani awalnya didirikan di Kabupaten Solok, setelah berjalan selama dua tahun belum ada juga perkembangan dan merasa masih jalan ditempat dengan kendala susah mencari dokter, psikolog, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akhirnya pindah ke Padang pada empat bulan lalu.

Selama empat bulan pindah ke Padang, Alhamdulillah sudah bisa memberikan layanan yang awalnya delapan orang dan sekarang sudah bisa merehab 15 orang sekaligus. Dan kapasitas tampung di IPWL sekitar 39 orang lebih,kata Rillah

Baca juga :  Kebakaran Menghanguskan Dua Buah Rumah Warga Ganting Parak Gadang

Kita sangat senang dan berterima kasih dengan kehadiran Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar dan kepala dinas sosial Kota Padang, Korem, Polda dan semua jajaran serta undangan. Semoga ini menjadi ladang amal bagi yayasan dalam mengemban tugas mulia.

Semoga kedepannya IPWL Yayasan Karunia Insani yaitu bisa memberikan yang terbaik buat diri pecandu dan buat Kota Padang, harap Rillah.

Disamping itu kasat Satnarkoba Polresta Padang, Kompol Al Indra menyampaikan kepada awak media, bahwa Kami dari satresnarkoba polresta padang sangat berterima kasih dengan hadirnya IPWL Yayasan Karunia Insani Cabang Sumbar di Kota Padang, kita bisa bekerja sama untuk melakukan rehab terhadap peyalahguna obat terlarang, dan akan menyalurkan ke BMT untuk dilakukan asesmen terhadap yang bersangkutan, BMT sendiri lah yang akan merekomondasikan dirawat medis atau di rawat sosial.

Baca juga :  Kebakaran Menghanguskan Dua Buah Rumah Warga Ganting Parak Gadang

Ketua LPM Kelurahan Ampalu Pengambiran Lubuk Begalung Padang Agusnaidi menyambut baik kehadiran IPWL Yayasan Karunia Insani Cabang Sumbar ini dan insyaallah kedepannya kita akan lahirkan program program pelatihan, seperti pelatihan bengkel, papan bunga, dan membudayakan ternak lele, agar pencandu setelah keluar dari rehab akan mendapatkan skil kedepannya supaya bisa berbaur dengan masyarakat seperti biasanya kembali, jelas Dedi.( Bunga)

Tinggalkan Balasan