Kapal Kontainer Raksasa Ever Given Dibebaskan
Foto: Kapal Kontainer Raksasa Ever Given Dibebaskan

Sumbarlivetv.com, – Kapal kontainer raksasa Ever Given yang sempat memblokir alur pelayaran di Terusan Suez akhirnya berhasil “dibebaskan” dan bisa kembali mengapung guna melanjutkan perjalanannya pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021 petang.

Osama Rabie, ketua Suez Canal Authority, mengatakan, “Kapal berbendera Panama yang ‘nakal’ itu berhasil diapungkan kembali dengan sukses”.

Para saksi mata, sejumlah media, dan citra satelit dari situs MarineTraffic mengkonfirmasi hal tersebut dan menyatakan kapal berbobot 200.000 ton itu sudah bergerak menjauh dari tepian terusan yang berpasir ke bagian tengah.

Selanjutnya kapal akan menuju Great Bitter Lake untuk menjalani evaluasi atas kerusakan yang dialaminya akibat “terjepit” melintang di terusan tersebut.

Baca juga :  Laksana sholat Aidil Fitri : masyarakat kecamatan Tanjung gadang berbondong ikuti GSB di masjid muamalah sibakur

Pemilik kapal,  Shoei Kisen Kaisha, yang asal Jepang, menyatakan kapal kembali mengapung di air pada pukul 03:04 waktu setempat, mengakhiri musibah yang berlangsung total enam hari lamanya di jalur pelayaran tersibuk di dunia itu.

Shoei Kisen Kaisha berterimakasih pada Suez Canal Authority dan semua pihak yang terlibat dalam upaya pembebasan Ever Given.

Alur pelayaran  kembali dibuka 29 Maret juga dan  konvoi kapal pertama yang melintasinya sudah memasuki Port Said.

Navigasi dua arah di Terusan Suez kembali berlangsung, kata Canal Suez Authority lebih lanjut. Sebelumnya ada 367 kapal, termasuk kontainer-kontainer besar dan bulk carrier yang mesti mengalami kemacetan di terusan tersebut akibat musibah Ever Given.

Baca juga :  Wako Hendri Septa Sambut Baik Keberadaan Dangau Inspirasi di Kurao Pagang

Shoei Kisen Kaisha, adalah anak perusahaan dari pembuat kapal terbesar di dunia. Pada 1901 fasilitas pembuatan kapal di Prefektur Ehime  berdiri. Sejak 1942 namanya menjadi Imabari Shipbuilding.

Sekitar 20 tahun kemudian, perusahaan mendirikan anak perusahaan baru dengan nama Shoei Kisen Kaisha. Anak perusahaan tersebut bergerak di bidang penyewaan kapal.

Pada 2000, perusahaan yang kini bermarkas di Ehime dan Tokyo ini berhasil merilis Cape Hope (170.000 DWT) sebagai capesize bulker (kapal kargo kering terbesar).

Kini, selain Ever Given yang dirilis pada 2018 dan dioperasikan Evergreen Marine asal Taiwan, perusahaan memiliki lebih dari 14.000 kapal kargo.

Selain itu perusahaan  menjalin kerjasama pula dengan lebih dari 30 operator di berbagai penjuru dunia, seperti NYK Line, Kawasaki Kisen, Bocimar dari Belgia, NOL dari Singapura, OOCl dari Hong Kong hingga Yang Ming, juga dari Taiwan.

Baca juga : Upaya Penyelamatan Kapal Kontainer Raksasa Yang “Terjebak” Melintang di Terusan Suez

Ricky/Pung W

Tinggalkan Balasan