Foto bersama anak-anak yang mengikuti penyuluhan sketsa arsitektur

KOTA PADANG,Sumbarlivetv.com – Arsitektur adalah proses dan produk dari perencanaan, perancangan, dan konstruksi bangunan atau struktur lainnya. Karya arsitektur, dalam bentuk bangunan atau struktur, dianggap sebagai simbol kultural dan sebagai karya seni. Profesi didalam arsitektur juga dikenal sebagai arsitek. Seorang arsitek harus memiliki keahlian yang salah satunya yaitu menggambar atau mensketsa bangunan, karena setiap ide seorang arsitek terlebih dahulu direalisasikan dengan sebuah sketsa. Apa yang dimaksud dengan sketsa ? Secara singkat, pengertian sketsa adalah suatu gambar atau lukisan yang masih kasar atau belum selesai untuk mengawali sebuah penggarapan karya lukis, arsitektur, animasi, dan lainnya.

 

Sebagian besar dari siswa sekolah dasar dan menengah belum mengenal apa itu arsitektur dan bagaimana membuat sebuah gambar atau sketsa arsitektur. Salah satu program kerja KKN-TMB Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung  Hatta yang berlokasi di Komplek Pratana ll Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang pada Rabu 18 Agustus 2021 yaitu Sosialisasi dan Penyuluhan tentang Pengenalan Arsitektur dan Sketsa Dasar Arsitektur. Tak hanya itu pelaksanaan program kerja pokok ini juga mengajarkan bagaimana membuat sketsa dan gambar perspektif dalam Arsitektur.

Baca juga :  Pemkab Agam kembali Menggelar Lomba Gerak Jalan

 

Pelaksanaan program kerja  berupa sosialisasi dan penyuluhan terhadap sisiwa Sekolah Dasar dan menengah pertama ini di bimbing oleh ibu Dr. Ir. Haryani, MTP selaku DPL ( Dosen Pembimbing Lapangan ) KKN 2021 Universitas Bung Hatta Padang. Pencapaian yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu semakin banyak yang mengenal apa itu arsitektur dan bagaimana membuat sebuah sketsa.

 

Pelaksanaan proker KKN ini diawali dengan mempersiapkan materi penyuluhan berupa poster dan power point untuk presentasi sketsa arsitektur. Pelaksanaan proker KKN ini dilakukan secara massal yang di tujukan kepada seluruh anak-anak SD yang ada disekitar lokasi  KKN yang sekarang  belajar di rumah masing-masing (daring). Dalam pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan ini berkumpul 39 orang anak yang mendapatkan materi yang telah dipersiapkan.

Baca juga :  Bupati Bengkulu Selatan Pimpin Upacara Tantingan Paskibraka Tahun 2022

 

Kegiatan tersebut berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan anak-anak sangat antusias menerima arahan dan presentasian materi yang diberikan. Dan diakhiri dengan foto bersama dengan semua anak-anak yang ikut serta dalam penyuluhan sketsa tersebut. Pelaksanaan Proker ini tidak terlepas dari bantuan Pemuda yang berada di lokasi pelaksanaan KKN dan dukungan dari ketua RT/RW dengan ikut memeriahkan acara penyuluhan sketsa arsitektur terhadap anak-anak tersebut.

 

Hasil penyuluhan sketsa arsitektur yang telah dilasanakan, anak-anak di sekitar lokasi KKN dapat lebih memahami bagaimana menbuat sketsa dan mengarsir sehimgga dapat di terapkan di tugas kesenian di sekolah mereka masing-masing, serta lebih banyak yang mengerti apa itu profesi Arsitek.

Baca juga :  Dewi Sutan Riska dan Ketua Kormi Dharmasraya Bakal Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan ULD Dharmasraya

 

Sewina Gusri

 

Tinggalkan Balasan