Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Foto: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Sumbarlivetv.com, – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menurut rilis yang dikeluarkan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia disebutkan telah diterima Perdana Menteri (PM) Jepang Suga Yoshihide pada tanggal 30 Maret 2021.

Dengan Suga keduanya melakukan pembicaraan tentang sejumlah hal berkaitan dengan hubungan bilateral Jepang-Indonesia hingga isu-isu yang terjadi belakangan ini.

Suga menyambut baik kunjungan Retno dan Prabowo seraya menyampaikan harapan terkait perjanjian Jepang-Indonesia tentang Pengalihan Alat dan Teknologi Pertahanan yang diharapkan menjadi landasan kerjasama keamanan antara kedua negara.

Dibahas pula kolaborasi di bidang infrastruktur termasuk penataan Pelabuhan Patimban, jaringan MRT Jakarta serta Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api Lintas Utara Jawa.

Juga disoroti  kekerasan dan situasi di Myanmar di mana Jepang dan Indonesia dalam skema Asean  akan terus berkomunikasi untuk segera mengambil langkah demi keamanan di negara bekas jajahan Inggris itu.

Jepang mempunyai kepentingan bisnis yang luas di Myanmar dan merupakan salah satu negara yang rutin mengulurkan bantuan pembangunan resmi ke negara yang kini dikangkangi junta militer itu.

Tak ketinggalan dibahas pula isu Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur termasuk kaitannya dengan Undang-Undang Penjaga Pantai Tiongkok yang baru.

Ricky/Pung W

Tinggalkan Balasan