ike Tyson Kembali Naik Ring Tinju Melawan Roy Jones Jr
Dalam foto yang diambil pada 2 Agustus 2019 ini, Mike Tyson menghadiri turnamen golf selebriti di Dana Point, California. Tyson akan kembali bertinju pada usia 54 tahun. Mantan juara kelas berat itu akan bertemu Roy Jones Jr pada 12 September 2020. (Invision/AP: Willy Sanjuan, File)

“Di usianya yang ke 54 tahun, Mike Tyson akan kembali ke berlaga di ring tinju”.

Mantan juara kelas berat akan bertemu juara divisi empat Roy Jones Jr dalam pertandingan eksibisi putaran delapan pada 12 September di Los Angeles, Amerika Serikat.

Tyson menjadi juara kelas berat termuda dalam sejarah ketika ia memenangkan gelar pada tahun 1986 pada usia 20 dan untuk sementara waktu pernah menjadi petinju yang paling ditakuti di ring.

Tetapi karirnya menemui banyak kendala dan menggantung sarung tangan tinjunya sejak 2005, setelah kalah dari petinju Irlandia, Kevin McBride.

Kekalahan tersebut menjadi kekalahan kedua beruntun dan keenam dalam 58 laga sepanjang karir Tyson.

Tyson sesekali mengunggah video latihannya, memicu spekulasi di media sosial tentang rencana kembalinya ke ring tinju dalam waktu dekat dan pertarungan trilogi melawan Evander Holyfield, yang mengalahkan Tyson dua kali pada tahun 1990-an.

— Mike Tyson (@MikeTyson) July 23, 2020

Pada pertarungan kedua, terjadi insiden yang paling terkenal dalam sejarah tinju ketika Tyson menggigit telinga Holyfield, yang menyebabkannya didiskualifikasi.

Baca juga :  MERIAHKAN HUT RI KE 77, PEMKAB ADAKAN JALAN SANTAI DAN ANEKA LOMBA

Sementara Roy Jones Jr, yang berusia 51 tahun, memenangkan gelar dalam kelas menengah (70-73kg), kelas menengah super (73-76kg) dan kelas berat ringan (76-79kg) sebelum naik untuk memenangkan gelar kelas berat (lebih dari 91kg) pada tahun 2003.

Keputusannya melawan Tyson menjadikan Jones sebagai mantan juara kelas menengah pertama dalam 106 tahun yang kembali ke ring tinju.

Dalam sebuah video promosinya, Jones menggambarkan pertemuannya dengan Tyson “seperti pertarungan Daud melawan Goliath”.

“Dia monster raksasa … dan saya adalah Daud yang kecil dan hanya memiliki Tuhan di sisiku. Dan hanya itu yang saya perlukan,” kata Jones.

Jones menggantung sarung tangannya pada tahun 2018 setelah menangka angka dari Scott Sigmon pada pertarungan di kelas jelajah (maksimal 90,7kg).

Baca juga :  Pemkab Agam kembali Menggelar Lomba Gerak Jalan

Keputusan ‘comeback’ setelah beberapa saat pensiun banyak dilakukan beberapa olahragawan asal Amerika Serikat.

Setelah pensiun pada tahun 1979, petinju legendaris Muhammad Ali sempat mencoba naik ring lagi di tahun berikutnya, sebelum akhirnya benar-benar berhenti bertinju di usia 39 tahun pada 1981.

Pebasket Michael Jordan sempat memutuskan pensiun pada 1993 dari Liga Basket Profesional Amerika NBA.

Namun ia kemudian kembali ke dunia olahraga dengan berlaga di Liga Minor Baseball Amerika Serikat pada 1994, sebelum akhirnya kembali ke NBA tahun 1995 dan berhenti di tahun 2003.

Rencananya, pertarungan Tyson melawan Jones akan disiarkan dengan mekanisme bayar per tayang oleh platform media sosial dan music, Triller.

Baca juga :  MERIAHKAN HUT RI KE 77, PEMKAB ADAKAN JALAN SANTAI DAN ANEKA LOMBA

# Gan | ABC/AP

Tinggalkan Balasan