Pelajari Perkembangan Batik, Dekranasda Kabupaten Banyumas Kunjungi Dekranasda Kota Pekalongan
Pelajari Perkembangan Batik

Pekalongan, Sumbarlivetv.com – Pelajari perkembangan batik, Kota Pekalongan dikenal dengan Kota Batik, karena tidak hanya menjadi pilihan wisatawan untuk mencari dan belajar tentang batik yang berkualitas. Namun, ciri khas motif dan warna yang kuat menjadikan batik Pekalongan mampu menembus pasar dagang internasional. Hal ini juga yang menjadikan banyak masyarakat luas ingin belajar dan mengetahui sejarah batik Pekalongan.

Keberhasilan pemberdayaan masyarakat melalui batik di Kota Pekalongan mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Salah satunya jajaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas. Senin sore (5/4/2021), Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas beserta jajaran mengunjungi Dekranasda Kota Pekalongan, bertempat di Museum Batik Pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran Dekranasda Kabupaten Banyumas tidak hanya saling tukar informasi terkait perkembangan batik, namun menyempatkan untuk berkeliling ke Museum Batik Pekalongan. Nuraeni mengaku senang dapat berkunjung ke Kota Pekalongan. Menurutnya, perkembangan batik Pekalongan yang pesat menjadi cerminan untuk dapat mengembangkan motif-motif batik Banyumas melalui kearifan lokal yang ada di daerah.

Baca juga :  Alumni SELUKA, SMP Negeri 1 Kecamatan Tigo Nagari,Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H 2021 M

Pelajari Perkembangan Batik, Dekranasda Kabupaten Banyumas Kunjungi Dekranasda Kota Pekalongan

“Kami merasa tersanjung atas sambutan hangat jajaran Dekranasda Kota Pekalongan dan mengajak kami berkeliling ke Museum Batik. Dengan kunjungan kami kesini menjadi inspirasi bagi kami bahwa museum batik disini memiliki koleksi yang luar biasa. Selain itu, bagaimana para pengrajin batik bisa melayani pangsa pasar dari lapisan bawah hingga atas, bahan baku yang terjangkau bagi pengrajin, serta kreativitas dan inovatif para pengrajin yang dituangkan dalam motif maupun karya lain seperti tas, dompet, dan pakaian. Pengembangan batik inilah yang menjadi contoh yang baik bagi daerah kami,” terangnya.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Ketua Dekrasnada Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya SSn didampingi Kepala Dindagkop UKM setempat, Bambang Nurdiyatman SH, Kepala Bidang Perdagangan SSos MM dan jajaran Dekranasda Kota Pekalongan.

Baca juga :  Bupati Sutan Riska Turun Langsung Tinjau Pembangunan Infrastruktur yang Sedang Berjalan

Inggit berharap, kunjungan tersebut dapat menjadikan ajang silaturahmi dan tukar informasi untuk kemajuan hasil kerajian usaha kecil menengah (UKM) di daerah masing-masing. “Alhamdulillah kami menyambut baik daerah yang ingin mempelajari perkembangan batik di Kota Pekalongan. Dekranasda Kota Pekalongan secara konsisten mengembangan berbagai macam produk yang berasal dari kearifan lokal sekitar,” kata Inggit.

#Sutopo / Hms

Tinggalkan Balasan