Padang, SumbarliveTV – Perdana, Pemko Padang Bakal Laksanakan Shalat Ied di Lapangan Kantor Balai Kota Padang Aie Pacah. Pemerintah Kota Padang akan menyelenggarakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Lapangan Upacara Kantor Balaikota Padang, Aie Pacah. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Sabtu (30/4/2022).

“Alhamdulillah kita patut bersyukur, sejak Kantor Balai Kota Padang ini dibangun pasca gempa 2009 lalu, untuk pertama kalinya kita melaksanakan shalat ied disini. Biasanya di RTH Imam Bonjol Padang,” ungkap Wako.

Menurut Hendri Septa, dipilihnya Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Padang menjadikan area kantor balai kota tidak hanya sebagai pusat pemerintahan namun juga pusat kegiatan masyarakat di Kota Padang.

Baca juga :  Rakernas XV Apeksi 2022 di Padang Resmi Dimulai, Wali Kota se-Indonesia Berkolaborasi Sikapi Isu Strategis Nasional

“Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang kami mengimbau dan mengajak masyarakat kota Padang mari ramai-ramai kita melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Fitri di Lapangan Kantor Balai Kota Padang ini. Mari bersama-sama kita rayakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa” ucap Wako Hendri Septa.

Sementara itu, Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang Fitriati mengatakan, perihal kapan hari pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini masih menunggu penetapan jadwal resmi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Untuk kapan harinya, kita tunggu arahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia,” ucap Fitriati yang juga mejabat sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang itu.

Baca juga :  SUTAN RISKA RAIH PENGHARGAAN INAGARA AWARD LAN RI

Sementara itu, lanjut Fitriati, yang bertindak sebagai khatib dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri kali ini adalah Guru Besar UIN Imam Bonjol, Prof. Dr. H. Asasriwarni, MA. Sedangkan yang akan menjadi Imam adalah Imam Besar Masjid Agung Nurul Iman, Drs. H. Nasir Sikumbang. “Kita juga akan mengundang unsur Forkopimda Kota Padang untuk ramai-ramai shalat Ied di sini,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang, Fuji Astomi mengatakan, jika cuaca tidak mendukung atau hari hujan maka pelaksanaan Shalat Ied ini nantinya akan dipindahkan ke Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan, dan Masjid Ukhuwwah Kantor Balai Kota Padang serta pelatarannya.

Baca juga :  MERIAHKAN HUT RI KE 77, PEMKAB ADAKAN JALAN SANTAI DAN ANEKA LOMBA

” Dinas Kominfo Kota Padang juga akan memfasilitasi peliputan dan penyiarannya live streaming nantinya,” pungkasnya.

Bunga/hms

Tinggalkan Balasan