Petani Menjerit,Pupuk Subsidi Langka
Salah Satu Ketua kelompok tani saat berada di salah satu kios

Pasaman Barat, Sumbarlivetv – Petani menjerit, karena terjadinya kelangkaan pupuk subsidi didaerah Kabupaten Pasaman Barat, padahal pupuk subsidi adalah harapan utama petani, sebagai penunjang hasil produksi pertanian, Rimbo janduang.

Semua kelompok tani yg berada di jorong Rimbo janduang menjerit karna tidak dapat pupuk Subsidi untuk memupuk tanaman pertaniannya, jagung dan padi yang ditanam petani Rimbo janduang saat ini banyak yang Rusak karna tidak mendapatkan pupuk Subsidi , petani selalu berharap untuk datangnya pupuk subsidi ke kelompoknya Karena E-RDKK sebagai syarat untuk mendapatkan pupuk subsidi sudah dilengkapi kelompok tani dan telah diserahkan kekios Ridho tani sebagai kios Resmi penyalur pupuk subsidi.

Maka pada hari kamis,11 Februari 2021 kami dari Pengurus kelompok tani Semoga jaya Syafri.y, ketua kelompok tani mata air Syuryadi, ketua kelompok tani sejahtera H.A.Rahman Lubis, ketua kelompok tani subur makmur Jumono, menemui salah satu kios yang berhubung dengan kelompok tani mereka, “kami menanyakan pada kios Ridho tani inisial (SM) kenapa pupuk subsidi utk petani Rimbo janduang belum juga turun,…?” Kata salah seorang ketua kelompok tani.

Baca juga :  Wawako Serahkan SK Kepada 66 CPNS Kota Solok

“Kami semua berharap agar pemerintah, serta pihak terkait dengan pengawasan pupuk bersubdi dapat mngawasi pendistribusian serta harga pupuk subsidi ini sehingga sampai kepada petani”tambahnya lagi.

Jawaban dari orang kios tersebut, “pupuk subsidi utk kelompok tani Rimbo janduang di duga telah di jual ke kios lain oleh distributor, dengan alasan karna kami di beritahu utk penebusan dgn waktu terdesak oleh distributor, sehingga kios tak bisa menebus waktu itu, karna hari Jumat bank tutup cepat pelayanan nya” katanya, “dan distributor menghubungi kios dengan menyampaikan pupuk subsidi utk kelompok tani Rimbo janduang di jual kekios lain itulah tutur dari pihak distributor ke pada kios Ridho tani”, sambungnya lagi. Itulah yang disampaikan pihak kios kepada kami kelompok tani.

Baca juga :  Polda Sumbar berhasil ungkap Tempat Praktik Dokter Palsu

Maka ketua kelompok tani Semoga jaya Rimbo janduang Syafri mengatakan hal tersebut kepada kami awak media Sumbarlive tv bahwasanya “kebijakan yg diduga dilakukan oleh distributor pupuk subsidi utk kabupaten Pasaman barat telah merugikan petani Rimbo janduang”, jelas (SM) kepada awak media Sumbarlive tv.

Awak media Sumbarlive tv melihat langsung ke gudang kios ridho tani, gudang terlihat kosong dan hanya ada beberapa karung pupuk organik saja….dan sampai berita ini diterbitkan kami belum bisa minta keterangan kepada pihak distribitor, kata awak media.**

Baca juga : Pemakai Shabu Ditangkap Hendak Mencuri

(safri)

Tinggalkan Balasan