Pasaman Barat,Sumbarlivetv – Petani Bawang Merah di Nagari Persiapan Tinggam Harapan Berhasil dalam pengembangan Bawang Merah menggunakan Umbi.

Senin 04 Januari 2021,Petani Bawang Merah di Kabupaten Pasaman Barat ini berhasil mengembangkan Budidaya Bawang Merah di Nagari Tinggam Harapan, yang di gagas oleh PJ.Wali Nagari Tinggam Harapan Bapak Fima Al Amin, Amd.

Salah satu petani yang berhasil membudidayakan Bawang Merah tersebut adalah (Harmaini, Iwan dan Zuhelmi).Mereka berhasil setelah berlatih menanam Bawang Merah menggunakan Umbi yang di datang kan dari Solok, namun hasilnya jauh lebih baik dari bibit yang digunakan sebelum nya. Kata Fima.

Wali Nagari Persiapan Tinggam mendorong petani menanam Bawang, sebagai percontohan mengarahkan harmaini dan zuhelmi sebagai Penggiat atau pelaku yang telah berhasil mengaplikasikan Bawang Merah tersebut, dilihat dari beberapa Bawang yang dipanen menghasilkan Umbi yang tidak kalah dari Umbi Bawang didaerah lain, sementara Umbi yang dipanen baru berumur 65 hari, daerah Tinggam kami yakin cocok untuk bertani Bawang.

Baca juga :  Tim GTRA Desak Percepatan Penanganan Reforma Agraria di Pasaman Barat

Wali Nagari Tinggam , Fima Al Amin menerangkan “Benih Bawang Merah yang di tanam adalah Varietas dari Umbi namun seperti nya sangat cocok untuk kita tanam dalam jumlah yang luas sehingga kita semua berharap nantinya petani Bawang yang ada di Tinggam Harapan ini , bisa memenuhi kebutuhan Bawang untuk dalam daerah sendiri, sehingga kita tidak perlu untuk mendatangkan lagi dari daerah luar,” ungkapnya.

Fima juga mengatakan,”jika keberhasilan dari Harmaini dan Zuhelmi dapat diduplikasi ke petani lainnya, dengan area tanam Bawang Merah, Tinggam yang diperkirakan seluas 125 ha, maka produksi Bawang Merah Tinggam dapat meningkat”.

Kemudian kedepan nya kita juga akan bentuk kelompok-kelompok untuk petani Bawang Merah ini.

Baca juga :  Wako Hendri Septa Apresiasi Workshop UMK Minangkabau

“Kami berharap dengan pengenalan cara budidaya ini mampu mendorong peningkatan kesejahteraan petani Bawang Merah dan mendukung pengembangan serta kemajuan bidang agro industri khususnya industri Hortikultura di Pasaman Barat,” tutup pak Fima Al Amin.#(PENDRI)

Pj.Wali Tinggam Harapan Dorong Masyarakat Untuk Kembangkan Budidaya Bawang Merah

Tinggalkan Balasan