RAPI Pasbar Adakan Muswil ke-V

Pasaman Barat, sumbarlivetv.com – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Edy Murdani, menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) ke V Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Rabu (24/11) di Ruko Mangkuto Alam Basecame, Kecamatan Kinali. Muswil ke V RAPI Pasbar, mengusung tema meningkatkan peran organisasi bagi pemerintah dan masyarakat.

Muswil RAPI ke V terselenggara, dikarenakan masa jabatan kepengurusan RAPI Pasbar masa bakti 2017-2021 telah berakhir. Kepengurusan keanggotaan RAPI juga ditandai dengan rapat panitia muswil RAPI Pasbar pada tanggal 13 Oktober 2021.

Kepala Dinas Kominfo Edy Murdani, SH menjelaskan, bahwa RAPI memiliki peran yang sangat penting tak terkecuali kepada pemerintah. Hal tersebut dibuktikan, saat bencana gempa melanda Sumatera Barat di tahun 2009.

Baca juga :  Sartijab Camat Serta Pelantikan dan Sertijab Ketua TP PKK Ranah Batahan , Sekda Hendra Putra: Utamakan Pelayanan Kepada Masyarakat

“Gempa yang terjadi pada 30 September 2009 dengan kekuatan 7,6 SR yang menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumbar. Saat itu alat komunikasi tidak bisa digunakan karena banyak banyaknya bangunan yang roboh, akibatnya segala akses jaringan juga ikut terganggu, yang bisa digunakan hanya radio amatir sebagai alat penghantar informasi termasuk RAPI yang berjasa pada saat itu”, ujar Edy Murdani.

Ia berharap, kedepan RAPI dapat terus membantu pemerintah dalam hal bencana dan informasi penting lainnya dalam kondisi apapun.

Terhadap Keanggotaan RAPI yang baru Kadis Kominfo Pasbar juga mengharapkan dapat memberikan perubahan yang lebih baik, demi kemajuan RAPI dimasa yang akan datang.

Baca juga :  SUTAN RISKA RAIH PENGHARGAAN INAGARA AWARD LAN RI

Sementara itu Ketua RAPI terpilih masa bakti periode 2021-2025, Marsal Indra, SH Mangkuto Alam menyampaikan, kegiatan Muswil telah berlangsung selama dua pekan terakhir.

Setelah melakukan rapat dan sejumlah pertimbangan, kata dia, akhirnya Ia dipercayai dan dipilih sebagai ketua RAPI secara aklamasi sebagai ketua RAPI wilayah Kabupaten Pasaman Barat periode 2021-2025.

“RAPI bergerak di bidang Informasi di bawah naungan Dinas Kominfo. Tugas dan wewenang kami adalah membantu pemerintah. Jika ada bencana alam dan peristiwa lainnya, kami siap bekerjasama dengan pemerintah. Tidak hanya bencana, sebelumnya kami juga membantu pemerintah pada kegiatan vaksin dibeberapa titik yang ada di Kinali dan Simpang Empat,”ungkap Marsal.

Baca juga :  Karang Taruna Desa Batang Tajongkek Gelar Turnamen Futsal

Selanjutnya pada kesempatan berbeda, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan harapan agar RAPI dapat membantu Pemerintah dalam memberikan informasi baik masalah bencana, pembangunan maupun informasi penting lainnya kepada masyarakat.

“Terkait informasi, kami bupati Pasbar memiliki program magrib mengaji, sekolah gratis dan berobat gratis. Untuk itu kami berharap RAPI bisa membantu menginformasikannya program ini kepada seluruh masyarakat masyarakat khusunya Pasaman Barat,”harapnya.

Pendri

Tinggalkan Balasan