Sistem Pengenalan Wajah Diterapkan atau Face Express
Foto:Bandara Haneda

Sumbarlivetv.com, Jepang – Sistem pengenalan wajah diterapkan atau Face Express. Boleh dibilang dibutuhkan kesabaran saat mengikuti proses boarding di bandara. Saat itu petugas di gerbang memeriksa tiket dan paspor penumpang satu persatu sebelum naik ke pesawat.

Bandara Narita dan Haneda akan memotong waktu antrean proses boarding itu dengan menerapkan sistem pengenalan wajah yang disebut Face Express. Sistem ini secara otomatis memverifikasi semua penumpang yang akan naik pesawat tanpa perlu dicek lagi tiket dan paspornya.

Sistem pengenalan wajah ini sejatinya sudah digunakan di sejumlah bandara di dunia. Proses pengenalan wajah itu dimulai dengan pendaftaran foto saat check in di bandara. Kemudian ketika naik pesawat, wajah penumpang terpindai kamera dengan sendirinya tanpa harus menunjukkan paspor lagi ke staf yang bertugas.

Pengenalan wajah di bandara itu ternyata tak hanya mempercepat proses keberangkatan sebuah pesawat  tapi juga membantu menurunkan risiko penularan Covid-19.

Sistem Pengenalan Wajah Diterapkan atau Face Express
Foto:Bandara Narita

Bandara Narita dan Haneda akan mulai menerapkan sistem ini pada Juli, saat pelaksanaan Olimpiade Tokyo. Sistem pengenalan wajah ini akan digunakan untuk semua penerbangan internasional.

Kendati demikian, saat ini penerbangan internasional dari dan ke Jepang amat dibatasi. Kemudian olimpiade pun tak akan dihadiri penonton dari luar Jepang. Jadi tampaknya tak banyak penumpang yang bakal menjajal sistem baru ini.

Ricky/Pung W

Tinggalkan Balasan