Tempat Pabukoan Menjadi Incaran di Sore Hari
Foto:Aktifitas sore hari di simpang tugu Indarung pada bulan puasa.

Sumbarlivetv.com, Padang – Tempat Pabukoan menjadi incaran di sore hari. Simpang tugu di Indarung masih menjadi tempat favorit untuk menjajakan jualan pabukuon di setiap bulan suci Ramadhan. Hal tersebut yang di tunggu-tunggu oleh bagi pedagang pabukoan,karena mengharapkan keuntungan dari penjualan pabukoan tersebut.

Bagi masyarakat kecamatan lubuk kilangan atau masyarakat Indarung sendiri memberikan respon yang baik sekali karena menurut salah satu pengunjung/pembeli pabukoan di simpang Indarung tersebut Zal (45 tahun) mengatakan, “ dengan adanya pedagang pabukoan di disini sangat membantu para masyarakat yang tidak sempat untuk memasak pabukoan dirumahnya, karena masyarakat tersebut sibuk bekerja mencari nafkah, itu pun rata-rata bagi masyarakat yang bekerja suami-istri.

Bagi masyarakat yang sempat memasak dan mempunyai waktu banyak dirumah dan di dapur, mereka ikut juga membeli makanan pabukoan di simpang Indarung, mereka membeli makanan pembuka atau hidangan pembuka pada waktu berbuka puasa nantinya.

Ucap salah satu pengunjung/pembeli Rosma(41 tahun), “ ambo dirumah alah ado samba untuak babuko beko, tapi karano ado pabukoan disiko ambo pun ingin mancari makanan untuak pambuka puaso beko, soalnyo suami dan anak-anak ambo di waktu babuko mereka indak langsuang makan nasi doh, tapi mangulek-ngulek makanan seperti kolak pisang campua dalimo, onde-onde, pergedel jaguang, serta banyak lai nan di jua disiko.”

Dengan kami berjualan Pabukoan disini bisa menguntungkan bagi si pembeli dan si penjual, karena bagi si pembeli membuat dirinya tidak repot/susah memasak lagi untuk makanan berbuka puasa dirumah karena sudah lelah dalam bekerja. Karena berbagai macam aneka makanan kami sajikan di tempat Pabukoan ini, mulai dari samba sampai kue cemilan serta aneka minuman, jadi pembeli bisa memilih makanan sesuai seleranya masing-masing. Bagi si penjual/pedagang seperti kami ini di setiap bulan Puasa kami berdagang mengharapkan keuntungan dari jualan ini agar bisa mempersiapkan segala kebutuhan lebaran nantinya”. Ucap Uci (35 tahun) salah seorang pedagang Pabukoan di simpang tugu Indarung kota Padang.

Itulah perbincangan salah seorang awak media Sumbarlivetv dengan pelaku aktifitas di simpang tugu Indarung yaitu si pedagang Pabukoan dan si pembeli Pabukoan. Aktifitas seperti ini sudah menjadi budaya atau kebiasaan bagi masyaratakat kita, ada banyak tempat pedagang Pabukoan berjualan, salah satu tempatnya disini simpang tugu Indarung. Semoga aktifitas positif ini tidak pernah hilang nantinya.

Ricky

Tinggalkan Balasan