Tugu Linggarjati dan Fenomenanya Sekarang
Foto:tugu linggarjati awalnya,dibangun tahun 1974.

Sumbarlivetv,Padang – Tugu Linggarjati dan fenomenanya sekarang,tugu Linggarjati dibangun tahun 1974.lalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.Informasi dari Pak Azmal,anak kecil yang berfose didepan tugu itu adalah beliau sendiri.Saat itu sedang dilangsungkan pawai sekaligus peresmian Tugu Linggarjati.

Pasca diruntuhkan kemudian dibangun kembali.Tugu Linggarjati postingan ini bisa merevisi buku Sejarah Tugu Perjuangan Kota Padang yang saat ini sedang dalam proses pembuatan oleh salah seorang yang sangat peduli dengan sejarah kota padang yaitu “Marshalleh Adaz”.

Foto : Tugu Linggarjati terdahulu.

Saat kepala Dinas Pariwisata kota Padang Drs.Alfian dikonfirmasi via handphone oleh awak media Sumbarlivetv beberapa waktu yang lalu memberikan keterangan”bahwa benar tugu Linggajati di Tabing akan dibangun kembali bulan April”,ucap kepala Dinas Pariwisata kota Padang.

Foto:Tugu Linggarjati mulai dibangun lagi.

Alhamdulillah,tugu Linggarjati ini dibangun kembali. Berkemungkinan akan dibuat seperti bentuk semula. Dan dari material yang sudah ada,memang jika di lihat sedang dikerjakan saat ini,sepertinya dalam bulan ini akan selesai.Ini bukan sekedar dibangun kembali,lalu dianggap persoalan akan selesai. Akan banyak tugu-tugu perjuangan di kota ini yang bisa dihilangkan jika kita memandangnya sebagai benda belaka.Ini soal nilai,soal harga diri sebagai bangsa yang berdaulat,tentang makna sejarah,tentang perjuangan orang-orang sebelum kita yang berjuang dengan ikhlas,jujur dan tanpa pamrih”,ucap Marshalleh Adaz.

Baca juga :  personil Polres Pidie Mengevakuasi Masyarakat Yang Terdampak Banjir Termasuk Anak Anak

Marshalleh Adaz adalah seseorang tokoh masyarakat yang begitu peduli dan cinta akan sejarah serta peninggalan sejarah kota Padang.Padanglamo.com merupakan salah satu karyanya.

Sudah seharusnya Kota Padang punya stakeholder yang menaungi potensi sejarah dan budaya, agar tidak terusik oleh kepentingan yang samar.Terselamatkan oleh beragam upaya pembangunan yang tidak berpijak pada akar kearifan lokal.

Seharusnya kejadian ini menjadi catatan semua orang dan segeralah bergerak simultan agar tidak lagi terulang.Persoalan tugu Linggarjati dianggap selesai karena akan dibangun kembali.Tapi apakah ini tidak akan menjadi ladang inspirasi sehingga lahirnya berbagai kebijakan dan keputusan baru.Bahwa tugu itu patung, bahwa tugu tidak boleh berada di jalur umum, bahwa tugu itu tidak ada manfaatnya karena memakai areal ditengah kawasan yang padat dan sempit. Diberlakukan sama sekalipun bernilai Perjuangan dan bersejarah”,ucap Marshalleh Adaz saat di temui awak media Sumbarlivetv di kediamannya di alai Pauh tadi malam.Demikianlah Tugu Linggarjati dan Fenomenanya Sekarang.

Baca juga :  Tim Bismillah Juara I Sepaktakraw Dalam Turnamen Benteng Cup I Se Kabupaten Pesisir Selatan

Baca juga : Hilangnya Tugu Linggarjati di Tabing

 

Ricky

Tinggalkan Balasan