Upacara HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 Dipimpin Sekda Sumbar
Upacara HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 Dipimpin Sekda Sumbar

Padang, Sumbarlivetv — Upacara HUT Satpol PP ke 71 dan satlimas ke 59 Sekretaris Daerah ( SEKDA) Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 Tahun 2021 di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (17/3/2021).

Upacara HUT Satpol PP itu dilaksanakan secara sederhana, karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19 dengan membatasi peserta upacara dari perwakilan kabupaten kota se Sumbar. HUT Satpol PP se Sumbar juga dihadiri Bupati / Walikota dan Kasatpol PP se Sumbar.

Alwis saat memimpin apel peringatan, membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang meminta Anggota Satpol PP dan Perlindungan Masyarakat untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme yang berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan lagi sikap dan lindakan yang bersifal edukatif, persuasif dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.

“Saya yakin melalui peningkatan kompelensi dan profesionalisme, kinerja Salpol PP dan Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah akan meningkat secara signifikan dan citra Satpol PP juga akan meningkat baik di mata masyarakat,” kata Alwis membaca sambutan Mendagri.

Selain itu, dedikasi tinggi, mengedepankan tindakkan yang bersifat edukasi dan persuasif diharapkan diterapkan dalam setiap bertugas. Terlebih menurutnya, dalam situasi dan kondisi pendemi Covid-19 ini, Satpol PP dan Damkar serta Linmas dapat terus melakukan upaya sosialisasi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak kepada masyarakat.

Baca juga :  Laksana sholat Aidil Fitri : masyarakat kecamatan Tanjung gadang berbondong ikuti GSB di masjid muamalah sibakur

Oleh karena itu, tema peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat Tahun 2021 yaitu “Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk Indonesia yang Maju dan Sehat”.

Menurut Mendagri, sudah sangat tepat kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung pencegahan dan pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 yang mengacu pada tema HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas tersebut.

“Saya mengajak seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta pelindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat,” ajak Mendagri.

Pada kesempatan itu, Sekda Alwis juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi pada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas yang telah membantu menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang lalu sehingga dapat berlangsung dengan lancar, aman, damai, sehat dan bebas Covid-19.

Satpol PP dan Satlinmas diharapkan dapat tetap berkembang serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai instansi lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan kewenangannya.

Baca juga :  LKLU Kabupaten Dharmasraya Kunjungi dan Jalin Kerjasama Dengan TBM Anugerah Koto Tuo Siguntur

“Mari kita jadikan sukses pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 tersebut sebagai momentum untuk meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan Satpol PP dibantu Satlinmas dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat, mengingat hal tersebut merupakan salah satu pemerintahan yang paling penting yang terkait dengan pelayanan dasar dan penilaian penilaian pemerintahan dan evaluasi penyelenggaraan daerah,” sebutnya.

Selain itu, Mendagri mengajak seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta pelindungan masyarakat di daerah masing-masing, termasuk juga dalam mendukung upaya pencegahan dan pengendalian serta penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Sebagai penutup Mendagri Muhammad Tito Karnavian ada 4 (empat) pesan yang disampaikan, yaitu ; Pertama, Tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19; Kedua, Tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat sebagai urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Ketiga, Perkuat koordinasi, Integrasi dan organisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati.

Baca juga :  Wako Hendri Septa Sambut Baik Keberadaan Dangau Inspirasi di Kurao Pagang

Keempat, Perkuat pelaksanaan tugas yang tegas tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja dan yang Kelima, Tingkatkan penegakan hukum protokol protokol kesehatan bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI, dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Usai membaca sambutan Mendagri, selaku Inspektur Upacara, Sekda Alwis mengucapkan selamat ulang tahun Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59 serta mengapresiasi atas kinerja Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat.

Sekda Alwis mengatakan, agar Satpol PP dan Satlinmas untuk lebih pro aktif untuk selalu mengkampanyekan, mengajak masyarakat untuk patuh dan taat melaksanakan 3M.

“Saya berharap kedepannya sebagai penegak Perda, Satpol PP mampu merevitalisasi semangat pengabdian sehingga selalu dapat tampil prima, simpati dan tegas dalam pelaksanaan tugas” ucap Alwis.

Bunga + Biro Humas Sumbar

Tinggalkan Balasan