Usung GL-Pro Sasabesa, Dharmasraya Bakal Ikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Dharmasraya, Sumbarlivetv – Usung GL-Pro Sasabesa, Dharmasraya Bakal Ikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya tengah bersiap untuk kembali mengikuti kompetisi bergengsi tingkat nasional bidang inovasi pelayanan publik tahun ini.

Salah satu inovasi yang akan diusung adalah GL-Pro Sasabesa, yaitu Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti, yang berada di Jorong Beringin Sakti, Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh. GL-Pro Sasabesa ini berada di bawah binaan Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya.

Meski di usia senja, para Lansia di Nagari Taratak Tinggi yang tergabung dalam GL-Pro Sasabesa tetap produktif. Bahkan boleh dikatakan, tidak ada Lansia pengangguran disana. Mereka tetap aktif beraktivitas dan berkreasi untuk sesuatu yang menghasilkan guna menopang perekonomian.

Baca juga :  Balai Bhudi Dharma Bekasi melalui Pusaka 1 LKLU Darmasraya salurkan bantuan Atensi Rehabilitasi lanjut Usia tahun 2021

Malah baru-baru ini, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, baru saja melaunching Sekolah Lanjut Usia di Nagari Taratak Tinggi, sebagai wadah belajar dan berkreasi bagi para Lansia di wilayah itu.

“Saya patut berbangga dengan para Lansia yang ada di Nagari Taratak Tinggi ini, yang menjadi teladan dan pioner tumbuhnya Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti. Semuanya punya kreativitas yang patut diacungkan jempol,” puji bupati saat melaunching Sekolah Lansia di Nagari Taratak Tinggi, Senin (12/4/21).

Diketahui, GL-Pro Sasabesa memang aktif berkegiatan. Mulai dari sekolah lansia, wirid lansia, senam lansia, membuat keterampilan menganyam, membuat piring dari lidi, membuat sarang lampu, membuat jamu herbal, perikanan, perkebunan, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Baca juga :  Peringatan Hari Bhakti PU ke 76 Tingkat Sumbar Dipusatkan di Dharmasraya

Untuk itu, Bupati meminta Dinas Kumperdag dapat memfasilitasi pemasaran hasil produk lansia ini. Sehingga harapan dari lansia untuk dapat hidup sejahtera dan berkecukupan, dapat tercapai.

“Juga kepada perangkat daerah lainnya, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, serta Baznas, agar dapat membantu usaha ekonomi produktif bagi warga lansia dan jompo tidak mampu,” tukas Bupati.

Bupati juga berharap, GL-Pro Sasabesa yang akan diusung untuk mengikuti Inovasi Pelayanan Publik tingkat Nasional ini dapat masuk Top 45 se Indonesia, dan mendapat reward berupa Dana Isentif Daerah.

Rahmat J / Hms

Tinggalkan Balasan