PADANG, Sumbarlivetv – Wako Hendri Septa Sambut Baik Keberadaan Dangau Inspirasi di Kurao Pagang Dalam kegiatan Berkantor di Kecamatan yang dilakukannya di Kecamatan Nanggalo, Jumat (22/10/2021), Wali Kota Padang Hendri Septa menyempatkan diri mengunjungi “Dangau Inspirasi”
yang diketahui sebagai salah satu tempat pelaksanaan konsep ‘urban farming’ atau tempat bercocok tanam dan beternak di lingkungan rumah perkotaaan.

Wali kota pun mengaku menyambut baik keberadaan Dangau Inspirasi yang dibangun di atas lahan rumah milik salah seorang warga di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo tersebut.

Sebagaimana diketahui, Dangau Inspirasi yang memiliki lahan seluas 1.500 meter itu dibangun oleh mantan Kepala Dinas Pertanian  Sumatra Barat Djoni di 2016 lalu.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya tentu senang atas adanya urban farming di Dangau Inspirasi milik pak Djoni ini. Kita sangat mendukung karena hal ini tentu membantu kita Pemko Padang dalam hal membuka lahan pertanian dan peternakan di lingkungan rumah perkotaan,” ungkap Hendri Septa sewaktu mengunjungi Dangau Inspirasi tersebut.

Baca juga :  SDN 19 Pasa Ambacang Juara Lomba Pidato Tingkat SD Se Kecamatan Kuranji

“Kita tidak tahu 10 atau 20 tahun ke depan bisa jadi lahan untuk itu di Kota Padang semakin sedikit atau bahkan tidak ada lagi. Maka itu saat ini kita harus meniru hal ini, meski punya lahan sedikit tapi hasilnya banyak,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kota Padang itu pun juga mengajak masyarakat Kota Padang dapat melakukan konsep urban farming tersebut. Minimal terdapat di tiap kelurahan sehingga memberikan contoh untuk melakukannya.

“Begitu juga bagi fasilitas umum (fasum) yang ada bisa kita manfaatkan melakukan konsep urban farming selaku kegiatan yang sangat produktif seperti ini. Sehingga kita harapkan setiap orang bisa menjadi petani mininla untuk keluargany,” tukas wako mengakhiri.

Baca juga :  Alumni Pensiunan Pegawai Bandara Tabing Dan Bandara BIM Gelar Silaturahmi," Taragak Basuo

Seperti terlihat, Dangau Inspirasi tersebut juga merupakan tempat bagi setiap orang bisa belajar tentang pertanian berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Tempat ini merupakan model penerapan pemanfaatan lahan pekarangan dengan prinsip ekologis, ekonomis dan estetika. Ada berbagai jenis tanaman buah, tanaman sayur, dan tanaman hias. Ada 9 jenis ayam kampung, dan angsa. Selain itu ada berbagai jenis ikan. Ada 3 Kolam yang terhubung dengan sistem Aquaponik, 1 kolam Tanah yang berisi ikan puyu.

Dangau Inspirasi, sering dikunjungi oleh petani, penyuluh pertanian, mahasiswa dan dosen perguruan tinggi dan aktivis LSM yang berasal dari Sumatera Barat dan luar daerah.

Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi wali kota sejumlah kepala OPD beserta Camat Nanggalo Magdalena dan lurah se-Kecamatan Nanggalo. Juga hadir Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir yang ikut menyerahkan bantuan pokok pikiran (pokir)-nya kepada masyarakat.

Baca juga :  SDN 19 Pasa Ambacang Juara Lomba Pidato Tingkat SD Se Kecamatan Kuranji

Fajar/Dv

Tinggalkan Balasan