Hashida Sugako Penulis Naskah Yang Dikenal Dengan Serial Drama "Oshin" Meninggal Dunia
Foto: Hashida Sugako Penulis Naskah Yang Dikenal Dengan Serial Drama “Oshin” Meninggal Dunia

Sumbarlivetv.com, Jepang – Hashida Sugako, penulis naskah yang dikenal dengan serial drama televisi yang diakui secara internasional “Oshin” pada 1980-an, meninggal dunia pada tanggal 4 April 2021, karena limfoma di rumahnya di Atami, Prefektur Shizuoka, pada usia 95 tahun.

Serial yang tayang pada 1983 ini menggambarkan kehidupan seorang wanita yang lahir di desa pertanian miskin dan menjadi pendiri jaringan supermarket yang sukses. Drama itu disiarkan di lusinan negara termasuk Tiongkok, Iran, Thailand, Amerika Serikat dan juga Indonesia.

Serial Oshin mulai tayang pada 4 Apr. 1983 di stasiun televisi Jepang Nippon Hōsō Kyōkai (NHK). Serial itu berakhir pada 31 Mar. 1984. Di Indonesia, Oshin ditayangkan sejak November 1986 dan menjadi primadona. Pemerintah Orde Baru menggunakan serial ini untuk mendidik rakyat Indonesia agar tegar dalam menghadapi penderitaan hidup dan tak kenal menyerah, serta maju seperti Oshin.

Baca juga :  Buntut tidak transparannya Kadis PUPR Padang AWP menandatangani petisi 

Sementara itu, dalam serial drama televisi (TV) terkenal lainnya, “Wataru Seken wa Oni Bakari,” yang dimulai pada 1990, ia menggambarkan masalah yang sangat umum dalam rumah tangga Jepang seperti ketegangan antara seorang menantu wanita dan ibu mertuanya.

Hashida, yang bernama asli Sugako Iwasaki, lahir di Seoul. Ia menjadi penulis naskah drama TV setelah bergabung dengan Shochiku Co. Ia menerima Order of Culture pada 2020 dari pemerintah Jepang atas pencapaian dan kontribusi budayanya yang luar biasa.

Ricky/Pung W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *